Whoala..Magic

Ada dua hal yang selalu gw lakuin kalo ngadepin “masalah” atau apapun yang kurang ngenakin tapi perlu atau harus dilaksanain. Contoh paling gampangnya ya pas ngerjain tugas atau skripsi. Sesuatu yang kurang menyenangkan, yet we must do it. Yang pertama gw lakuin adalah inget ama kata-kata (gw lebih suka nyebutnya quote) temen gw wishnu ke uti: “Dear utianastasia semangat untuk sidangnya besok. Semoga lancar dan hasilnya memuaskan. Jangan takut dengan apapun yang menghalangi kesuksesan kamu :)”.

Gw kalo tiba-tiba males ngerjain sesuatu, pasti inget ama quote ini dan langsung “hmm..okay, let’s work”, dan akhirnya gw mulai bekerja atau mulai ngerjain apa-apa yang tadinya gw ga minat ngerjain. Karena memang kadang-kadang hal yang kita mimpiin, yang kita harepin, ngga selalu gampang dapetinnya, bahkan kebanyakan susah di awalnya, jadi pas kita mikir untuk mundur, kita harus inget lagi kalo ini tahap yang emang harus dilaluin dan kita ngga boleh takut ama apapun yang batesin kita untuk dapet yang kita pengen, kita mimpiin, harepin, doain. Kita juga jadi belajar untuk ngga gampang menyerah dengan keadaan, dan kalo kita emang pengen sesuatu, ya kita harus go on and get it, dan kita ngga boleh jadi pesimis dengan adanya masalah, apalagi masalahnya “cuma” kemalesan kita.

Yang kedua gw lakuin kalo “bertemu” dengan kejadian yang  bikin gw ngga semangat atau males, gw akan berpikir dan bertekad dalam hati sambil bilang ke diri sendiri: “Semua ini akan segera selesai, and before you even know it“. Make mantra kayak gitu bikin bener-bener kejadian. Dulu waktu pertama kali turun lapangan pas mau ngumpulin data buat skripsi (sebenernya gw udah turun lapangan sih sebelumnya, tapi lebih bersifat perkenalan awal) gw merasa males banget, gw mikir “ah ngapain sih kayak gini-gini”, “kenapa sih harus ngumpulin data” dan segala keluhan ngga berguna lainnya. Padahal sebenernya kalo dipikir-pikir rencana gw untuk turun lapangan itu cuma 3 hari, yang emang ga begitu lama (Walaupun nantinya gw ngga cuma sekali turun lapangannya). Tapi karena males dan ngga semangat itu yang bikin depresi (*ngga depresi juga sih, agak berlebihan :p).

Anyway, setelah semuanya fix, waktu keberangkatan fix, semuanya udah disiapin, gw langsung mikir “it will be over real soon ul”, untuk ngeredain rasa males gw sekaligus nambah semangat gw. Dan hebatnya bener-bener kejadian, 3 hari yang gw males banget ngadepinnya selese dengan cepat. Apa yang gw bilang ke diri sendiri terjadi, bahwa dengan mikir kalo “bentar lagi juga udah selesai” maka itu beneran selesai, beneran kejadian. Darisitu gw selalu mikir “it will all be over before you even know it” setiap ada kejadian atau tugas atau apapun itu yang bikin gw males.

Jangan takut dengan apapun yang menghalangi kesuksesan kamu”

Sekarang gw selalu make dua “ilmu gaib” itu, yang satu adalah ngga pernah takut dan ngga menyerah terhadap apapun yang ngehalangin kesuksesan gw, dan yang kedua, gw selalu bilang ke diri sendiri kalo in the end segala sesuatunya akan selesai. Emang sih ngga cuma “mikir” doang, ya tetep kita harus berusaha untuk ngerjain apapun yang kita pengen raih. Karna emang kalo cuma doa (ngarep) doang, tanpa berusaha (ngelakuin) ya ngga bakalan bisa terlaksana.

Dan baru-baru ini gw nemu (sebenernya ngga nemu juga sih, lebih ke mempraktekkan) ilmu baru biar apapun yang kita mau bisa kejadian. Ilmunya simple aja, yaitu nulis. Ya nulis, kita tulis apa yang pengen kita laksanain, catet, dan jabarin step-by-step how to do it-nya. Nulis apa yang mau, apa yang ingin kita capai, harapan-harapan kita, bikin kita lebih fokus ama apa tujuan kita, dan secara ngga sadar kita selalu memikirkan cara terbaik untuk ngedapetinnya. Kalo perlu kita nulis detail apa yang kita mau, misalnya ampe ke tanggal berapa kita akan dapetinnya, berapa banyak, sedetail dan sengayal mungkin (pertama-tama gapapa ngayal asal pelan-pelan diwujudin).

Tapi ya ngga cukup cuma ditulis aja sih, ya lagi-lagi kita harus mau berusaha untuk ngelaksanainnya (mewujudkannya). Jadi langkahnya: ngga takut ama yang menghalangi kesuksesan kita—bilang ke diri sendiri kalo semua ini akan selesai—tulis apa yang pengen kita capai, apapun itu. Dan Whoalla.. Magic..

About aulleaul

I am a Social Welfare graduate, from University of Indonesia. I am passionate with human resources as well as human in general. Love watching movie and read a lot.

Posted on 13/10/2011, in Berhenti Sejenak, Sebuah pergulatan beberapa jari dan click-an tetikus and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Whoala, bener2 magic..hehe..
    Berarti ga harus jadi pesulap untuk bisa magic, kitapun bisa ya bro?? Whoalabalabala😀

    *pertamax ya gan* :cheers:

  2. Keajaiban itu Allah yang ngatur, tapi memang berawal dari diri sendiri. Great article : )

  3. Nikmatin segala kesulitan-kesulitan yang elo hadapain, nanti di depan nya nanti setelah elo nikmatin kesulitan itu, maka elo akan mensyukuri kemudahan di belakangnya.

    dulu waktu gue nyusun skripsi gue juga ngerasain apa yg lo rasain juga. apalagi waktu kuliah ekstensi di UI gue sambil kerja.
    tapi semuanya bisa di lewatin

    SEMANGAT !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: