Christopher Nolan

Gw pertama kali kenal Nolan tahun 2005 pas filmnya Batman Begins (2005), sebenernya waktu itu gw ga kenal yang namanya Nolan. Lebih karna gw ga begitu peduli dengan directornya dan emang belom begitu terkenal, at least belom terkenal di mata gw. Dan gw tonton juga selain karna waktu itu ditraktir nonton di bioskop PIM pas ultahnya gori.

Film kedua Nolan yang gw tonton itu The Prestige (2006) dan lagi-lagi gw belom kenal ama director satu ini, gw nonton film ini mungkin sekitar tahun 2008 ato 2007. Dan baru kenal Nolan pas baca IMDB-nya trus liat-liat list filmnya, barulah gw tau yang namanya Insomnia (2002), Memento (2000), Following (1998), Doodlebug (1997). Abis itu gw tontonlah yang namanya Memento. Dan gw pun amaze. Gila. Ada ya orang sejenius ini bikin film. Dengan style penyutradaraan yang ngga standar, tumpang tindih, script juga kuat. Otak kita bener-bener diperes untuk sekadar “ngikutin” jalan cerita film ini.

Mulai saat itu gw selalu ngikutin filmnya Nolan, yang memang ngga begitu sering ngeluarin film sih, dan pas The Dark Knight (2008) ama Inception (2010) keluar, gw nonton.
Doodlebug (1997) juga sempet nonton, hasil donlod dari youtube, dan tetep style twisted-ending dia kentara di film ini, dan terakhir gw tonton Following (1998). Film Nolan yang belum gw tonton sampai saat ini cuma Insomnia (2002), gara-gara dvd gw (tentunya bajakan) subtitlenya ngga beres.

Film Nolan memang beda ama film Hollywood kebanyakan, dan emang gw suka jenis film kayak gini, dimana kita kadang harus mikir, harus ambil dan gabungin bagian-bagian dari film yang seringan non linear dan coba satuin. Tapi film yang jenis puzzle gini emang harus kuat di script dan editing , dan hebatnya Nolan punya dua-duanya.

Dan ini quotes yang gw suka dari film Memento:

Leonard Shelby: I have to believe in a world outside my own mind. I have to believe that my actions still have meaning, even if I cannot remember them. I have to believe that when my eyes are closed, the world’s still there. Do I believe the world’s still there? Is it still out there?… Yeah. We all need mirrors to remind ourselves who we are. I’m no different.

About aulleaul

I am a Social Welfare graduate, from University of Indonesia. I am passionate with human resources as well as human in general. Love watching movie and read a lot.

Posted on 14/11/2011, in Film and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Pak Nolan memang jenius.😀

    Frekuensi dia bikin film memang rutin dan gak keseringan, tapi hasil2nya pasti luar biasa.😳

    Iya, itu “Memento” jenius banget.😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: