Ada Maunya

Wajar kalo seseorang itu ada maunya ama seseorang. Contoh aja gw, ato manusia-manusia lain, pasti akan “tiba-tiba baik” kalo lagi butuh bantuan. Menurut gw itu sih hal yang lumrah, karna ya ngga bisa dipungkiri one way or another kita pasti akan minta pertolongan orang.  Tapi gw sempet punya ide brilian (setidaknya menurut gw ini ide yang brilian). Ide gw gini, jadi ketika lo akan butuh bantuan orang jangan tiba-tiba mintanya, karna pasti akan keliatan banget kalo lo lagi butuh ato lo “lagi ada maunya” ama orang yang akan lo mintain tolong. Emang sih gimana caranya kita tau kapan kita butuh bantuan dan ama siapa? Trus gimana dong?

Jawaban gw ya tetep aja maintain hubungan baik dengan banyak orang, terutama yang kira-kira akan lo mintain pertolongan. Jadi sekadar basa-basi nanya kabar wouldn’t hurt kok. Nah, pas lo udah ada “ikatan” gitu ama orang, lo mau minta tolong juga ngga keliatan banget kalo lo “ada maunya”. Simple sih emang, tapi kalo ngga dilakuin hal yang simple kayak gini ya lo lagi-lagi keliatan “ada maunya” pas butuh bantuan orang.

Misalnya gini: lo lagi butuh orang untuk beli produk lo ato apapun itu (pinjem duit, bantu nyariin sesuatu, etc) sebisa mungkin dari awal lo udah tau siapa “target” untuk lo mintain tolong. Ini emang agak ngawang, tapi kalo lo bisa tau tujuan lo mau ngapain, pasti gampang kok dan pasti lo akan tau apa yang mesti lo lakuin ato apa yang mesti lo cari. Abis tau targetnya, sapa-sapa aja dulu, basa basi lah. Jangan terlalu langsung-langsung banget minta bantuannya. Kalo hubungan terjaga baik, nanti pas ada momen lo butuh bantuan, orang yang lo mintain bantuan juga akan dengan biasa hati (ya jarang juga sih orang dimintain bantuan akan dengan senang hati ngebantuin lo, kecuali dia suka/tertarik ama lo) ngebantuin lo.

Tapi tetep ada masa dimana lo urgent banget butuh bantuan dan lo belom sempet maintain hubungan baik ama orang yang lo akan mintain tolong, waduh gimana ya? Ya terpaksa lagi lo harus minta tolong ama sahabat lo, ya karna emang that’s what friends are for, right?

Udah kan? Gampang kan ilmunya? Sekarang ya tinggal dipraktekin!

Ayok berteman dengan banyak orang😀

About aulleaul

I am a Social Welfare graduate, from University of Indonesia. I am passionate with human resources as well as human in general. Love watching movie and read a lot.

Posted on 22/11/2011, in Sebuah pergulatan beberapa jari dan click-an tetikus and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. Pokoknya jangan sampe kita membuat orang lain berpikir bahwa kita hanya ingin memanfaatkan mereka.😐

  2. bener tuh bener,, dan jangan pernah berpikir negatif kalo orang lain bakal manfaatin kita,, mikirnya baik aja,, kita nolong bener2 karena pengen nolong,, bukan begitu??😀

  3. eit, tunggu dulu jangan pernah berprasangka negatif dulu ah, karena masih banyak orang baik diluar sana, so jangan pernah ngejudge orang seenaknya ya.

  4. Dengan sendirinya kita tahu siapa teman kita sesungguhnya..😀 good one boy!

  5. Andaru Pramudito Suhud

    Manusia adalah makhluk yang tidak pernah luput dari yang namanya agenda. Konsep pamrih dan “ada maunya” adalah suatu yang lumrah dan memang alami dalam relasi sosial. Exchange yang tiada akhir.

    Sahabat adalah mereka yang bisa memposisikan dirinya di luar agenda dan nir-pamrih. Namun persahabatan hanya akan berhasil apabila ada give and take dari kedua belah pihak, pemeliharaan fungsi sebagai sahabat; saling menggaruk punggung metaforis. Karena mengatakan “thats what friends are for” berarti menunjukkan fungsi dari persahabatan itu sendiri bukan?

    Nice post Ul, membuat orang memikirkan lagi makna pertemanan.

  6. mirip UL😀
    hehehe…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: