10 Things I Hate About You (1999)

I hate the way you talk to me

and the way you cut your hair. I hate the way you drive my car.

I hate it when you stare. I hate your big dumb combat boots

and the way you read my mind. I hate you so much it makes me sick

It even makes me rhyme. I hate it.

I hate the way you’re always right. 

I hate it when you lie.

I hate it when you make me laugh, even worse when you make me cry. 

I hate it when you’re not around and the fact that you didn’t call. 

But mostly, I hate the way I don’t hate you, not even close, not even a little bit, not even at all

Quote super keren dari film 10 Things I Hate About You (1999). Oiya, gw baru aja nonton ulang film ini. Yang belom tau or belom pernah nonton film ini gw ceritain dikit deh. Jadi film ini sebenernya standar ide ceritanya, tentang seorang anak pindahan dari sekolah lain yang “dibawa” ama anak sekolah barunya itu untuk tur sekolah, ya di amrik standar lah, ada geng “bully“, ada geng “nerd“, ada geng cewek-cewek gaul. Peer group yang ada di sekolah itu ditunjukin ke anak baru ini. Trus ceritanya si cowok anak baru ini (namanya Cameron) ngeliatlah satu cewek cantik banget (buat dia) namanya Bianca, dan dia suka.

Bianca ini termasuk cewek yang susah didapetin, ya karna dia cantik. Cameron minta bantuan lah ama cowok yang pertama kali “bawa” dia tur sekolah, Michael. Kebetulan Bianca ini punya kakak, namanya Kat, tapi Kat ini rada antisocial dan gamau pacaran. Peraturan dari bokapnya cewek berdua ini adalah si Bianca boleh pacaran kalo Kat pacaran, which is hampir ga mungkin, karna si Kat anaknya tipe gamau pacaran dan antisocial gitu. Si Cameron ama Michael bikin strategi deh tuh biar si Kat dapet pacar, trus Bianca jadi bisa pacaran. Cowok yang “dibayar” ama Michael+Cameron ini namanya Patrick Verona (played by Heath Ledger) dan sejenis Bad Boys gitu deh, dan masuklah ke zona hollywood (baca: awalnya Patrick cuma dibayar aja biar pacaran ama Kat, eh ujungnya suka beneran).

Si Kat (played by Julia Stiles) ini menurut gw pas banget meranin aktingnya jadi cewek antisocial dan rada nyebelin, dan pula somehow dia keliatan cantik banget menurut gw di film ini. Film ini ada beberapa scene-scene so sweet yang dilakuin baik ama Patrick Verona ataupun Cameron. Cameron (played by Joseph Gordon-Levitt) disini juga aktingnya lumayan oke, dan pula si Gordon-Levittnya masih kecil banget, dan kurus pula gitu, gw merasa kocak sendiri ngeliat dia begitu.

Dari awal film emang bokap si Bianca ama Kat ini termasuk orang yang strict dan keras. Tapi di akhir-akhir dia bilang ke Kat sesuatu, yang entah kenapa terasa mendalam aja buat gw, dia bilang gini:

“Fathers don’t like to admit it when their daughters are capable of running their own lives.

It means we’ve become spectators. Bianca still lets me play a few innings. You’ve had me on the bench for years.

And when you go to Sarah Lawrence, I won’t even be able to watch the game”.

Sarah Lawrence itu sekolah di kota lain yang Kat pengen masuk, awalnya bokapnya sih kayak ngga ngasih gitu, tapi keliatan di akhir dia ngebolehin juga. Ntah karena gw udah tua ato gimana, kata-kata bokapnya Kat ini bikin gw mikir. Mungkin gw kalo udah punya anak, dan anak gw udah gede terutama anak cewek tentunya, gw akan khawatir dan gamau ngaku kalo anak gw itu udah (quoting bokapnya Kat) “capable of running their own lives”. Bianca yang masih muda masih bisa “diatur” sedikit ama bokapnya, tapi Kat udah beberapa tahun ini ga diatur lagi ama bokapnya. Dan kalo Kat beneran udah pindah, bahkan bokapnya gabisa “nonton” lagi apa yang dilakuin ama Kat.

Gw gabilang dari segi cinta film ini sucks, malah kalo gw bilang bagus. Tapi hal-hal sederhana yaitu kata-kata bokap Kat, justru paling mengena di gw dari film ini. Ya, mungkin karna gw udah tua.

About aulleaul

I am a Social Welfare graduate, from University of Indonesia. I am passionate with human resources as well as human in general. Love watching movie and read a lot.

Posted on 26/02/2012, in Berhenti Sejenak, Film and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: