Scars

“There is something beautiful about all scars of whatever nature. A scar means the hurt is over, the wound is closed and healed, done with.” Harry Crews

Gw dulu selalu kemana-kemana naek sepeda, kira-kira waktu gw smp, dan waktu itu seringan gw diboncengin. Pas diboncengin itu, kaki gw acapkali kena ban dan kegesek, alhasil kaki gw sisi kanan ama kiri suka baret-baret. Gw benci banget luka. Karna luka sering bikin bekas, dan gw ngga suka kaki gw (atau tubuh gw bagian manapun) jelek, baret, lecet, apalah itu. Ga begitu lama kemudian, sekitar 4 atau 5 tahun kemudian gw udah berkendara. Ya gw dapet motor kelas 3 SMA, dan alhasil ga ada lagi tuh yang namanya baret-baret di kaki.

Pas ujian (gw lupa ujiannya kapan, yang jelas gw inget banget itu masa-masa ujian) sehari atau dua hari sebelumnya gw nganterin adek gw ke sekolahnya. Gw anterin naek motor. Bokap gw bilang: “pake helm”, gw jawab: “ah gapapa, lewat jalan-jalan tertentu”. Ini gw inget banget, line gw persis banget “jalan tertentu”. Dan dengan sombongnya gw anterin adek gw ke sekolah, dia nyampe, gw pulang.

Sekian lama di rumah, kok gw belom pulang-pulang, eh tau-tau bokap gw dapet telepon, “pak anak bapak kena musibah, dia kecelakaan, tolong bapak dateng kesini-sini-sini”. Bokap langsung buru-buru ke tempat gw dan jemput gw. Gw sama sekali ga inget kejadiannya, gw juga gatau kecepatan gw berapa, mungkin 40 km/jam dan gw rasakan kerasnya jalanan aspal itu. Sisi bagian kanan gw barely survived, mulai dari kepala (inget, gw ga pake helm), tangan, dan kaki kanan gw kena. Gw dibawa ke rumah sakit, dan boleh pulang hari itu juga. Gw istirahat di rumah 2 hari, dan di hari ketiga gw masuk (masih ujian, dan gw gamau kelamaan nyusul ujiannya).

Hari itu gw masuk sekolah, bela-belain supaya bisa ujian. Gw jalan tertatih, muka diperban, tangan diperban, kaki pake sendal. Temen-temen SMA gw pas ngeliat langsung heran-heran dan “aul kenapa?” “aul kenapa?”. Gw akhirnya ditemenin ama salah satu temen gw nama Ardy jalan ke kelas ujian gw yang beda bangunan dengan gedung utama SMA gw, jadi posisi tempat gw ujian itu di gedung selatan (sekarang di 70 masih ada gedung selatan gedung utara ngga ya? :P). Dan akhirnya gw ujian. Ujian-ujian lainnya pun gw tempuh dengan ujian susulan.

Gw dapet pelajaran setelah hal itu terjadi: jangan pernah sombong dan dengerin apa kata bokap-nyokap lo. Dan lagi-lagi gw akhirnya dapet luka….lagi. Hiks. Tapi setelah gw pikir-pikir dan nonton film Hannibal Lecter judulnya Red Dragon (2002), gw jadi punya sesuatu yang sebenernya ngga buruk-buruk banget dengan memiliki luka. Hannibal bilang gini di film itu:

“Our scars have the power to remind us that the past was real

Gw tadinya pas nonton film itu ga begitu nyadar sih makna kata-kata itu, tapi pas gw pikir-pikir lagi, hmm..bener juga ya kata dia, ada kekuatan tertentu (dalam luka) yang menyadarkan kita kalo masa lalu itu nyata.

About aulleaul

I am a Social Welfare graduate, from University of Indonesia. I am passionate with human resources as well as human in general. Love watching movie and read a lot.

Posted on 31/03/2012, in Berhenti Sejenak and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Widih, cantik..temanya, susunan bahasanya, kedalaman ceritanya, dan ditutup dengan quote yang cantik..its real😉

    Mmm, dari pengalaman gw jg ttg scar..gw jg pny scar d jari telunjuk kanan gw, ntah gw lupa persisnya seperti apa tapi kalau ditanya gw slalu jawab, “Dulu gw coba pisau itu tajam atau engga dgn cara mencobanya ke jari gw…”. Meski sakit tapi its real, jd bkin gw sadar gw orgnya bawel n pgn tau..hehe

    Teringat Thomas Alva Edison yang sangking isengnya, dia ingin tahu apa itu api alhasil dia membuat gudang ayahnya kebakaran..Heheh, yaa jauh sihh…but someday smg gw bs terkenal dan tersohor kaya si Alva..😀 amin *Docol (doa colongan)

  2. huehehe…makasih loh bro erick😛
    ah jadi ga enak di widih-in *jumawa*
    Ya pasti rick, kita punya impian menjadi “sesuatu” di dunia ini, semoga tercapai

  3. Fiananda L. Narendragharini

    Bonjour Monsieur Afkar!
    J’ai déjà lu cette histoire et je pense qu’elle est assez intéressante ! Gw setuju banget dengan kata-kata lo yang bilang bahwa kita harus dengerin apa kata orang tua kita. Kalo ga dengerin, pasti bakal ada aja musibah. Gw juga pernah ga dengerin kata-kata bokap gw, akhirnya gw malah nabrak mobil terus jatoh dari motor, makanya sampe sekarang gw belum mau nyetir motor lagi, masih trauma.
    Au fait, j’aime beaucoup la dernière citation et je suis d’accord avec ça !
    Continue à écrire, Monsieur Afkar !
    Au revoir !🙂

  4. karena hidup adalah tentang menghadapi ketidaktahuan,
    maka jatuh,terpuruk dan luka adalah keniscayaan..
    jangan melulu anggap mereka bencana
    karena itu hanya akan membuatmu menjadi seorang pesakitan..
    jadikan mereka pelajaran bila tidak ingin kau disebut pecundang..
    dan namakan saja itu.. kenangan.

    nah,sekarang traktir guwe bakso semangkok karna lo udah berhasil bikin gw mikir setengah jam leih buat isi kotak komen di blog lo ini!😀
    eh,keep writing anyway!😉

  5. arsetyanita

    “Our scars have the power to remind us that the past was real“ –> setuju bgt. Dulu gw ad luka di atas bibir gara2 gak dengerin kata2 nyokap (sama persis). Ngigetin smp skrg gimana ajaibnya omongan orang tua. Bener y emang, restu Allah tu restu orang tua. Thanks ul :))

Leave a Reply

