Bonyok!

Bonyok? Apanya?

Hahaha, ngga penting banget opening statement gw di tulisan ini. Ngga, jadi gini, gw pengen nulis tentang bonyok yang kependekan dari Bokap Nyokap. Yap, orang tua, mau orang tua gw, orang tua pembaca tulisan gw ini, orang tua siapapun juga. Parents. Jadi ceritanya gini, gw ketemu beberapa ide tentang orang tua yang gw rasa perlu gw share ke pembaca blog gw ini. Gw nemuin kalo ternyata, despite bonyok kita yang keliatannnya selalu “menjatuhkan” kita, pas kita lagi ngobrol face-to-face ama mereka, ternyata bonyok kita itu selalu muji kita loh pas kita lagi dibicarain. Entah itu mereka lagi ngobrol ama rekan kerja, ato sodara, keluarga besar, you name it lah, mereka.pasti.muji.kita. *ini ceritanya gw penekanan aja, bukan marah :P*

Lantas? Kenapa mereka kayak ngeliat kayak kita “anak ngga guna yang ngga mampu apa-apa”? Ya karna kita emang kayak gitu, dan kita harus sadar itu, kita belom ada apa-apanya, dan jangan sombong lah kalo merasa “udah sesuatu”, karna kenyataannya ya lo belom. Yang kedua alasan sebenernya adalah, orang tua kita itu mau kita defense diri kita, dengan cara yang santun. Mereka pasti seneng banget kalo ucapan mereka ngga dibantah, bahkan diiyakan, kita minta maaf, ato gimana kek, yang ngga bikin mereka sedih. Dan ketika kita mempertahankan diri kita dengan cara yang santun dan enak buat bonyok kita, justru itu yang paling indah buat mereka.

Ortu kita itu sengaja bikin kita agak down, biar kita nyadar ama realita, biar kita ngga terlena, ortu yang baik pasti tetep kadang apresiasi ato bilang makasih ama kita. Jadi, kalo kita cuma “diserang” dikit aja ama ortu kita, dan defensif kita jadi berlebihan ato malah nyakitin mereka, ya jangan😛 sederhana kan. Loh ul, caranya gmn????? *banyak tanda tanyanya*. Ya lo harus ngerti ortu lo, intinya itu, lo harus bisa nempatin diri jadi orang yang lebih tua, punya anak, punya harapan anaknya maju dan lebih baik dari diri lo, ketika lo kira-kira udah ngerasa “ohh gini ya perasaannya”, pasti lo akan nyadar gimana, dan pasti lo akan bisa “agak mau” nurut ama ortu lo. Ya selama mereka minta yang baik, kenapa ngga kan?😀

Good luck guys, with your parents!

 

About aulleaul

I am a Social Welfare graduate, from University of Indonesia. I am passionate with human resources as well as human in general. Love watching movie and read a lot.

Posted on 18/10/2012, in Sebuah pergulatan beberapa jari dan click-an tetikus and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

