Keji

Keji, definisi:

1. sangat rendah (kotor, tidak sopan, dsb); hina: menipu kawan adalah perbuatan yg –;
ber·ke·jiv1 menghinakan diri; merendahkan martabat diri; 2 mau melakukan (berbuat) sesuatu yg keji, hina, dsb; apakah pekerjaanmu kemari hanya untuk ~ ?;
~ di·riv berkeji;
me·nge·ji·kanv1 menghinakan; menistakan; memburukkan; 2 menganggap (memandang) keji; mengharamkan; mencela;
ke·ke·ji·ann perihal yg bersifat, berciri keji; perbuatan (kelakuan dsb) yg keji; keburukan; kehinaan: keseluruhan tingkah lakunya memancarkan ~ , ketamakan, kebodohan, dan kekejaman

Sumber: http://www.artikata.com/arti-333622-keji.html

Gw lagi pengen ngebahas tentang arti atau definisi dari kata ‘keji’, kenapa tiba-tiba ya?hmm.. mungkin karna topik ini lagi bener-bener kerasa di diri gw beberapa bulan terakhir. Ada apa sih beberapa bulan ini? Jadi gini, gw dulu sempet kerja sih memang, baik yang gw cuma itungannya magang, maupun gw yang kerja beneran. Tapi karna waktu itu gw kerja di salah satu Bank Swasta Multinasional, dan di bagian Marketing alias Sales, walhasil gw ngga begitu “kerasa” kerja yang urut-urutan prosedural yang kompleks gitu. Nah sekarang, gw kerja di bagian General Affair, yang dari gosip-gosipnya (sebelum kerja gw search dulu di google dan caritau ttg General Affair) aja udah dibilang bahwa GA itu “Seksi Sibuk” atau “Pembantu Umum” atau “Pengerja Segala”.

Dan pas gw beneran kerja sekarang di bagian itu, emang terbukti sih, gw mesti ngurusin dan mastiin kalo setiap ruangan, wilayah kantor, peralatan, barang, sewa ruangan, kebutuhan-apapun-itu-yang-direquest-ama-bagian-lain harus tersedia dan siap dipake. Disini gw belajar tata cara dan prosedur, dan ribetnya perijinan internal kantor, harus nunggu ini nunggu itu, push sini push situ, di push ama bagian ini dan bagian itu. All and all berasa banget beneran “kekantorannya”.

Dengan bekerja kayak sekarang, kita jadi punya 2 pilihan dalam pekerjaan: 1. Jadi baik dan “dimakan” ama semua orang, atau 2. Menjadi keji. Terkesan sederhana, tapi dua pilihan bener-bener kayak buah simalakama. Kalo lo jadi baik, ya siap-siap aja diomelin atau dipush orang, karna menjadi baik, pastinya akan sabar nungguin orang, dan nungguin orang ngga akan membuat pekerjaan selesai. Kalo push orang untuk segera mengerjakan apa yang kita minta, maka kita pun menjadi keji, menjadi jahat, menjadi penekan siapa-siapa dan apa-apa.

Ini dari sisi gw, mungkin orang yang “positif” akan ngeliat: “ngga kok, itu ngga keji, itu memang bagian dari pekerjaan aja”. Ya mungkin aja sih bener apa yang orang positif ini bilang. Tapi karna ini blog gw, dan tulisan gw😛 menurut gw yang kayak gitu-gitu agak keji. Karna dirobotkan-dikapitalisasikan oleh perusahaan, untuk keberlangsungan perusahaan. *yaiyalah ul*. Tapi mungkin akhirnya yang jadi kunci untuk gw bertahan ya kata-kata dari temen gw Bana, dia bilang ke gw, “Kalo gw sih ul, kenapa gw bertahan adalah pas saat-saat gw udah ngga tahan banget, gw inget-inget lagi kalo ini memang pilihan gw (pekerjaan ini), gitu sih ul”.

Ya kalo emang lo udah milih sesuatu, selesaikan, jangan berhenti di tengah jalan, kan ada quotes yang kurang lebih kayak gini, “jangan berhenti ketika suatu hal sulit datang, karna justru itu yang akan membawamu ke level selanjutnya”. Kunci kedua ya standar sih, sabar. Sabar aja ama cobaan yang dateng, tahan badan aja😀. Good luck guys.

About aulleaul

I am a Social Welfare graduate, from University of Indonesia. I am passionate with human resources as well as human in general. Love watching movie and read a lot.

Posted on 26/11/2012, in Sebuah pergulatan beberapa jari dan click-an tetikus and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

